Teks Tanggapan : Intropeksi dan Mengoreksi Diri

Perbaiki Diri, Perbarui Hati


Judul: Perbaiki Diri, Perbarui Hati

Penulis: A.R Shohibul Ulum 

Penerbit: Checklist

Kota terbit: Jln. Kepanjen 1, Krapyak, RT04/RW05, Wedormati, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, 55584

Cetakan: Cetakan 7, 2022

Jumlah Halaman: 280 halaman 


A. Sinopsis 

    Pada bagian prolog "apa yang kau cari?" kita diperintahkan untuk coba sejenak merenungkan dan pikirkan, sebenarnya apa tujuan hidup kita? Mulai dari kenapa kita hidup, siapa yang menciptakan kita, untuk apa kita diciptakan, bagaimana kita harus hidup, hingga siapa yang menjadi tempat kita bertanya ketika kebingungan melanda. Pertanyaan tersebut bisa dijawab, saat teman-teman baca buku ini.

    Kata banyak orang dan juga menurut saya sendiri, dunia hanyalah panggung sandiwara, Ia permainan senda gurau belaka, betapa pun indahnya kenikmatan alam yang pasti akan rusak. Dunia sekadar jembatan menuju kebahagiaan abadi akhir nanti. Giatlah beribadah dan berbuat baik, kelak kau akan mendapatkan Surga. Teruslah Durhaka dan kau berlaku jahat jika kau menghendaki Neraka. 

    Pada poin A yaitu mengenai muhasabah diri. Intropeksi dan koreksi diri merupakan kesempatan untuk memperbaiki keretakan yang terjadi diantara manusia. Lalu pada poin B yaitu mengenai hijrah hati. Hijrah memiliki banyak arti, tidak hanya berarti mobilitas secara horizontal seperti hijrah fisik, tetapi juga mobilitas secara vertikal. Penggunaan kata hijrah dalam Al-Qur'an dan hadits mengisyaratkan sebuah motivasi tauhid, artinya hijrah meninggalkan sesuatu yang negatif kepada suatu yang positif. Terakhir pada poin C yaitu membahas mengenai Islah Nurani. Hati adalah cerminan asli dari pemilik hati, hati memiliki dua pengertian yang berbeda, hati bisa berarti akal, bisa pula bermakna organ yang  ada dibelakang rusuk bagian kiri tubuh manusia. Hati berasal dari bahasa Arab yaitu Qalb. Kata tersebut bermakna membalik, karena sering kali hati ini berbolak-balik. 

B. Penilaian

    Buku yang menarik, buku yang menggunakan berbagai warna dan gambar yang manarik, bahasa yang digunakan bagi saya mudah dipahami, renungan yang tersaji dapat menjadi pengingat diriku dikala aku lengah dengan pesona duniawi yang begitu menggiurkan. Buku ini bisa dibilang seperti novel karena adanya Prolog dan juga Epilog, serta yang membuat manarik terdapat sebuah puisi di bagian Prolog. 

   Saya dan para pembaca buku ini berharap kita dapat memperbaiki diri mulai dari sekarang, memulai lembaran awal dalam risalah kecil ini. Terakhir di buku ini juga terdapat catatan kosong yang dapat kita isi sesuka kita, hal ini juga bisa membuat ketertarikan pembaca yang juga suka menulis seperti saya, seperti kita mengulas setelah membaca buku ini 

C. Kelebihan

    Buku ini mengajak kita untuk melakukan dan membiasakan muhasabah, motivasi yang diberikan kepada para pembaca dapat mengintropeksi dan mengoreksi diri sehingga menjadi pribadi yang lebih baik, cover yang menarik karena ada ditambahnya sebuah Quotes, pertanyaan-pertanyaan yang dikaitkan dengan kehidupan dan dijawab dengan sebuah teori sekaligus adanya dalil, disetiap akhir pembahasan materi pasti akan ada sebuah reminder. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Misterius di Rumah Berhantu

Jogja Pada Saat Itu

Dari Haksa: Untuk Nibiru.