Teks Tanggapan : THE ART OF HIJRAH



Teks Tanggapan buku the art of hijrah


Judul
: The Art Of Hijrah
Penulis : @ice.creamed
Penerbit : Brilliant 
Kota terbit : Yogyakarta 
Cetakan : Pertama, 2020

Pendahuluan :

        Buku ini ditulis oleh Creative Muslimah ID, lima mahasiswa yang memiliki pengalaman hijrah nya masing-masing namun dengan konflik yang sama. Yang pada awal nya berhasil menuntun seorang teman untuk berhijrah bersama tanpa paksaan, dan ketika sudah dijalani, tentu memiliki banyak rintangan. Dan sayang nya, seorang teman yang tadinya berniat untuk berhijrah bersama, terhalang oleh rintangan itu yang berujung gagal berhijrah. Hal ini terjadi tidak hanya sekali atau dua kali, namun berkali-kali. Jadi, pembuatan buku ini bertujuan untuk memberikan tips menuju hijrah, disertai menghadapi tantangan hijrah itu sendiri. Agar hijrah yang dijalani tidak kandas di tengah jalan.

Sinopsis Buku :

        Buku ini dimulai dengan menjelaskan bagaimana cara kita memulai hijrah, dengan mengenal diri sendiri, memiliki niat untuk berubah menjadi lebih baik hingga tumbuh niat secara pribadi untuk berhijrah tanpa paksaan. Menyambung dengan bab dua berjudul "Transit Di Bumi", membuat kita mengenal terkait pandangan kita terhadap perjalanan hidup. Menyadarkan diri kita untuk bertanya dan mencari jawaban, perihal kita ini berasal dari mana? sebenarnya untuk apa hidup di dunia? akan kemana setelah kita mati?

        "Be My Self" judul pada bab tiga menuntun kita untuk bersyukur, bangga menjadi muslim, tentang kita yang perlu bersyukur lahir seperti ini. Menjadikan takwa sebagai gaya kita, menjadi pengejar khusnul khatimah. Disambung bab empat dengan judul "It's All About Love", menyadarkan kita bahwa sholat adalah bukti kita cinta kepada Allah, dan bagaimana kita mencintai diri sendiri.

        Masuk pada bab lima dengan judul "Suppport System" menjelaskan agar kita mengiringi do'a dengan memenuhi seruan-seruan nya, yaksi terkait syariat islam. Bab selanjutnya berjudul "Khouf dan Raja" memberi kita rumus ketika dalan menghadapi masalah, kita perlu untuk tetap bahagia. Bab tujuh dengan judul "Cinta Butuh Pengorbanan", tentang bagaimana kita menyikapi maksiat. Bab delapan dengan judul "Kebaikan Nggak Berhenti Di Kamu", memiliki penjelasan yang intinya ilmu itu amanah. Bab sembilan mengenai "Tips-Tips & Faq" tips tentang mengkaji Al-Qur'an dengan benar. Tips menghadapi tantangan hijrah, tips memulai dakwah media.

Penilaian :

        Buku ini menggunakan berbagai warna dan gambar yang menarik, membuar pembaca tidak bosan dan jenuh. Bahasa yang ringan dan menyesuaikan dengan bahasa anak zaman sekarang juga tidak terlalu baku. Banyak penggalan cerita sebagai ilustrasi, dan warna kertas yang berbeda menandakan bagian penting. Potongan-potongan hadist dan ayat memperkuat informasi yang disampaikan merupakan bagian dari syariat islam. Tidak hanya konsep, tabel, yang memiliki berbagai warna.

        Setiap bab dibatasi dengan halaman kosong berwarna merah muda, menyambung dengan warna tema dari buku ini. Dikarenakan tema yang diangkat dominan untuk perempuan, namun setelah saya baca, buku ini dapat dibaca juga oleh laki-laki yang ingin juga berhijrah. Alangkah lebih baik mengangkat tema warna yang cocok untuk dibaca oleh perempuan juga laki-laki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Misterius di Rumah Berhantu

Jogja Pada Saat Itu

Dari Haksa: Untuk Nibiru.