Teks Tanggapan : Mencari Bulu Domba Emas untuk Menyelamatkan Perkemahan Blasteran


Judul        : Percy Jackson & The Olympians : The Sea of Monsters

Penulis     : Rick Riordan

Penerbit    : Noura Books (PT Mizan Fantasi)

Tebal        : 268 halaman

ISBN        : 978-623-242-254-4

    The Sea of Monsters adalah novel bergenre fantasi-adventure Amerika yang berdasarkan mitologi Yunani yang diterbitkan pada tahun 2006 oleh Rick Riordan. Buku ini merupakan seri kedua dari Percy Jackson & The Olympians yaitu sekuel dari buku The Lightning Thief. Buku ini mengisahkan petualangan seorang demigod (anak setengah dewa) berusia 13 tahun, yaitu Percy Jackson.

    Buku ini mengisahkan tentang dia dan teman-temannya yang akan menyelamatkan teman satirnya, yaitu Grover dari Cyclops Polyphemus dan juga menyelamatkan Perkemahan Blasteran dari serangan Titan, dengan membawa Bulu Domba Emas untuk menyelamatkan pohon pinus bercun Thalia.

    Dibuku novel Percy Jackson & The Olympians : The Sea of Monsters karya Rick Riordan ini, terdapat kelebihan. Kelebihannya diantara lain, yaitu:

1. Tema yang sangat menarik

    Buku ini sangat menarik dan bagi para pembaca yang menyukai cerita-cerita yang bertemakan fantasi, buku ini sangat cocok untuk dibaca. Ceritanya yang bagus dan kompleks akan membuat para pembaca penasaran ingin membaca bagaimana ceritanya sampai akhir.

2. Cover yang sangat menarik

    Buku ini dilengkapi dengan cover yang sangat menarik dan ilustrasinya yang cukup keren, dengan lembaran buku yang tebal dan tingkat kecerahan yang pas.

    Cover pada buku ini sangat mengilustrasikan jalan cerita pada buku tersebut. Serta poin plus dari saya untuk pemilihan warna yang sangat bagus, apalagi jika digabungkan dengan seluruh seri Percy Jackson & The Olympians.

3. Terdapat ilustrasi di dalam buku

    Dibeberapa halaman, diperlihatkan ilustrasi tokoh sehingga pembaca dapat memahami/mendapatkan penggambaran saat membaca bukunya dan tidak bingung. Contohnya saja di halaman 238, terdapat Chiron beserta pasukan Centaurnya yang akan menghentikan pasukan milik Luke Castellan.

4. Pesan moral yang kuat

    Ada beberapa hal yang dapat dipelajari dari buku ini diantaranya, strategi-strategi yang keren untuk menghadapi situasi-situasi genting, tidak pernah menyerah dalam menjalankan misi, percaya pada kemampuan diri sendiri.

    Dibuku novel Percy Jackson & The Olympians : The Sea of Monsters karya Rick Riordan ini, terdapat pula kekurangan. Kekurangannya diantara lain, yaitu:

1. Bahasa yang rumit

    Untuk versi terjemahannya ini, masih ada beberapa kalimat yang masih kurang dipahami dan detail membuat pembaca kurang paham dengan maksud cerita tersebut.

2. Alur yang membingungkan

    Penulis membuat alur yang membingungkan bagi sebagian para pembaca, apalagi para pembaca terkadang dibawa ke alur di masa lalu dan akan dibawa ke alur masa depan secara berulang-ulang sehingga cukup membuat pembaca harus teliti membaca agar mengerti maksud cerita ini.

3. Kurangnya ilustrasi

    Walaupun dibeberapa halaman diperlihatkan ilustrasinya, namun ini termasuk kurang, apalagi saat adegan penting, seperti saat Grover yang terjebak dengan Polyphemus menyamar menjadi pengantin Cyclops wanita dan menggoda Polyphemus untuk mendapatkan Bulu Domba Emas. Pada saat scene itu, membutuhkan daya imajinasi yang kuat untuk bisa membayangkan kejadian tersebut terjadi, namun jika kalian memiliki daya imajinasi yang tinggi, buku ini sangat cocok untuk kalian baca.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Misterius di Rumah Berhantu

Jogja Pada Saat Itu

Dari Haksa: Untuk Nibiru.