Uniknya Karya Sampul Lukis Komik

Judul Lukisan : Bahaya Zat Adiktif

Pelukis : Elvaretta Natha S

Tahun Karya : 2021 

Media Lukis : kertas gambar A4, kuas, cat akrilik


Sebuah karya lukiasan ini menyesuaikan dengan pembelajaran IPA. Lukisan ini dijadikan sampul pada komik pembelajaran untuk menarik minat baca melalui kreasi komik. Karya lukis ini bertujuan untuk mengingatkan kita semua akan peringatan bahaya zat adiktif.

Berbeda dari yang lain, Elva melukiskan lukisan sampul ini secara alami.Tampak terlukis adanya obat-obatan sebagai penggambaran zat adiktif. Pada lukisan sampul ini sang pelukis Elva, menempatkan kata "BAHAYA" sebagai objek yang berbeda pada segi pewarnaan, yang menyatakan akan pringatan zat adiktif. Ia juga menambahkan ekspresi wajah yang menggambarkan dampak dari zat adiktif tersebut sebagai objek utama dari karya lukis sampul komik ini.

Elva, sang pelukis mengkombinasikan warna pink, kuning, merah jambu, dan sedikit warna putih sebagai warna dasar dari lukisan ini. Seperti yang ia katakan, ide dalam proses berkreasinya ia dapat dari menyesuaikan tema pembelajaran komik tersebut. Seperti hal nya ia menambahkan elemen obat-obatan dalam lukisannya, ia juga memilih warna terang dalam lukisan ini untuk memikat para pembeli.

Ekspresi wajah manusia pada lukisan sampul ini menjadi ciri khas kreasi lukisannnya, termasuk karya lukisan lukisannya yang lain. Ia juga mengatakan, proses yang ia jalani cukup sulit untuk menentukan konsep dari lukisan tersebut. Awalnya ia memilih konsep digital tetapi karena hasilnya tidak sesuai harapannya, ia memilih untuk melukiskan secara manual. Karena hal ini waktu yang ia pakai memakan waktu. 

Menurut opini saya, penggambaran dan warna pada bagian rambut dan dasar terlihat menyatu. Sebaiknya, perwarnaan bagian rambut lebih baik diganti dengan warna yang lebih tua, agar tidak terlihat menyatu dengan dasar. Saya juga menanyakan dan berpendapat bahwa lukisan yang ia lukis disini menjadikan perempuan sebagai objek gambar yang terpengaruh zat adiktif, karena menurut saya bisa saja ia melukiskan laki laki atau seorang anak. Tetapi ada satu hal lagi yang saya lewatkan, Elva sang pelukis memiliki ciri khas tersendiri yaitu menambahkan objek perempuan pada lukisannya sebagai cara ia dalam berekspresi dan berimajinasi, membuatnya memiliki keunikan tersendiri.Saya menyukai lukisannya, karena dari lukisan ini kita bisa tahu bagaimana dampak dari zat adiktif. Ia juga merasa bangga, karena lukisannya dijadikan sampul komik pembelajaran yang menarik para pelajar untuk membeli komik tersebut mengetahui akan peringatan zat adiktif seperti terlukis pada sampul lukisan komik tersebut.

Seperti hal nya, zat adiktif berbahaya karena di dalamnya terkandung bahan aktif dan obat-obatan yang bisa menyebabkan ketergantungan. Ekspresi wajah dalam lukisan gambar tersebut, menggambarkan dampak dari zat adiktif.Dilihat dari lukisan, tampak seorang yang mengalami adiksi, seperti keinginan menggunakan zat adiktif secara teru menerus. Selain itu, gambar lukisannya membuat kita tertarik untuk membaca. Pada buku ini juga, berisi berbagai penambah wawasan materi tentang zat adiktif. Selain dari peringatan akan bahayanya zat adiktif, terdapat juga jenis, dampak, dan cara pencegahan zat adiktif yang juga bertujuan sebagai pemebelajaran bagi kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surprise at My 17

Kamar Misterius di Rumah Berhantu

Dari Haksa: Untuk Nibiru.