Kejadian Dramatis Dua buah Kapal Dilanda Badai pada Sebuah Kanvas

 Kejadian Dramatis Dua Buah Kapal Dilanda Badai Pada Sebuah Kanvas





- Konteks -
Pelukis                      : Raden Saleh
Tahun Karya             : 1837
Judul                         : "Kapal Dilanda Badai"
Media                       : Cat minyak dan kanvas


- Deskripsi -
    Sebuah karya seni berjudul "Kapal Dilanda Badai" karya pelukis maestro Raden Saleh merupakan seni lukis yang beraliran Romantisme. Dalam aliran ini, pelukis cenderung mengungkapkan hal-hal yang dramatis, emosional dan imajiner. Namun para seniman Romantisme sering juga membuat karya berdasarkan kenyataan.

    Dalam lukisan "Kapal Dilanda Belanda" karya Raden Saleh ini, dapat dilihat Raden Saleh melukiskan kejadian yang dramatis berupa perjuangan dua buah kapal dalam hempasan badai ditengah lautan. Kegelapan awan yang tebal dan terkaman ombak-ombak tinggi yang dahsyat menghancurkan salah satu kapal di bagian bawah kanan lukisan, sedangkan kapal lainnya berada pada kejauhan di sebelah kiri. Sinar matahari yang memantul ke arah gulungan ombak membuat ombak-ombak tersebut terlihat semakin tinggi dan dahsyat. Suasana pada lukisan juga terlihat sangat mencekam dengan adanya awan gelap yang tebal dan gulungon ombak-ombak yang dahsyat. Dari sudut kiri atas lukisan, secercah sinar matahari tampak memantul ke gulungan ombak menambah kesan dramatis.


- Penilaian -
    Emosi dan perasaan yang ada dalam lukisan beraliran Romantisme ini tersampaikan dengan sangat baik oleh Raden Saleh. Perpaduan warna-warna yang banyak dengan memadukan warna gelap dan juga terang sehingga kesan dramatis lebih terangkat dan terlihat jelas. Percikan - percikan cat putih pada ombak dan bentuk air yang terkesan memasuki kapal yang hancur membuat lukisan ini terlihat sangat nyata. Seperti kebanyakan lukisan Raden Saleh yang indah juga realistis untuk dilihat dan memiliki makna menarik yaitu tentang cerita kehidupan manusia.


- Kritik dan Saran -
    Terlihat dalam lukisan bagian yang terdapat unsur kurang realistis, dapat dilihat pada bagian kanan bawah lukisan penggambaran batu karang terlihat tidak terlalu detail dan seakan terdapat sebuah mata berwarna putih pada batu karang tersebut sehingga terkesan mengganggu pemandangan pada lukisan. Sebaiknya penggambaran pada batu karang dibuat lebih realistis dan sebuah mata berwarna putih itu tidak ada, maka lukisan karya Raden Saleh ini akan terlihat semakin indah. Lukisan ini juga akan terlihat lebih indah jika kapal pada bagian kiri lukisan dilukis dengan memadukan warna yang sedikit lebih terang agar kapal terlihat lebih nyata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surprise at My 17

Kamar Misterius di Rumah Berhantu