Teks Tanggapan : 4 Bulan di Amerika

 

https://www.gemainsani.co.id/product/detail/2346-buku-hamka-4-bulan-di-amerika


Konteks     

Judul         : 4 bulan di Amerika 

Penulis      :Prof. DR. Hamka

Penerbit     : Gema insani 

Cetakoni     : Syaban 1439 it / Mei 2018

Tebal         : 302 hal


Banyak handai tolan dan murid, saat saya berziarah kepada mereka di daerah Indonesia yang luas ini. Meminta kepada saya supaya kisah dan tinjauan yang saya dapat selama perjalanan ke Amerika  Serikat empat bulan lamanya (25 Agustus sampai 25 Desember 1952) saya hidangkan kepada mereka dengan berulah. Mereka meminta rupanya supaya pandangan seorang " Santri ".jika dia masuk ke dalam pergaulan modern, saya lukiskan, setelah saya mencoba tuliskan dan kumpulkan segala kenang kenangan indah dalam perjalanan, terbuktilah  bahwa buku ini harus menjadi 2 jilid. Jilid pertama pandangan perjalanan sepintas lalu, tentang tempat tempat yang dikunjungi. Jilid kedua barulah ditulis kesan kesan ,peberbangan dingin, tinjauan, kelebihan orang dan kekurangan kita atau sebaliknya. Setelah mendatangi negri Arab untuk mencari sumber kekuatan jiwa , undangan pemerintah Amerika Serikat untuk datang kenegri paman sam disambut hamka dengan gembira meskipun untuk kali pertama dan mendapatkan kesulitan. Hal itu tidak menghalangi hamka untuk pergi ke Amerika mencari sumber kekuatan pikirn. Perjalanan dalam  dunia pergaulan modern abad ke 20 ini seperti lorong waktu yang membawa kita ke masa lampau kemudian kembali ke masa sekarang lalu mengantarkan angan dan pikiran kita ke masa depan sekejap membawa nilai, norma, dan hikmah sejarah. Empat bulan perjalanan hamka di Amerika menjadi perjalanan yang membawanya memperoleh jawaban atas pertanyaan- pertanyaan tentang kehidupan  beragama manusia modern, tentang tanah air tercinta,indonesia dalam pergaulan bangsa bangsa di dunia dan tentang hakikat diri seorang manusia. 


Kelebihan 

temanya unik : tema yang dihadirkan mengandung unsur perjalanan seorang Prof.DR.Hamka untuk mencari sumber kekuatan jiwa perjalanan dalam dunia pergaulan ke masa lampau kemudian ke masa sekarang. 

Kekurangan

Novel ini kurang membahas kehidupan di negri sendiri (Indonesia). Novel ini direkomendasikan bagi siapapun yang ining lebih memahami tentang agama dan kehidupan di negri lain ( Arab, Amerika)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surprise at My 17

Kamar Misterius di Rumah Berhantu