Teks Tanggapan : Ibu Sang Pelita Kehidupan

                                                                                               

Ibu Sang Pelita Kehidupan

  • Konteks                             
Judul             : Ibu dan Anak
Pelukis          : Basuki Abdullah
Tahun Karya : 1992
Media           : Cat minyak dan kanvas 

  • Deskripsi dan Penilaian
         Lukisan yang berjudul "Ibu dan Anak" karya sang pelukis Basuki Abdullah ini dibuat pada tahun 1992. Digambarkan oleh Basuki Abdullah pada lukisan tersebut ialah seorang ibu dengan memakai busana tradisional yang menggambarkan kesederhanaan sedang menggendong seorang anak laki-laki dengan ekspresi polosnya. Salah satu karyanya yang spesial ini mengandung makna yang sangat dalam tentang betapa besarnya rasa kasih sayang serta pengorbanan seorang ibu terhadap anaknya, seorang ibu dengan kasih sayang yang tulus kepada anaknya, rela berkorban demi kebahagiaan sang buah hati, dengan menopang berat di punggungnya tanpa perlu sang anak ketahui. 

     Lukisan hasil karya Basuki Abdullah terlihat sangat mudah dipahami oleh siapapun yang melihat lukisan tersebut. Keistimewaan dari lukisan ini terlihat jelas terdapat pada ekspresi yang diberikan pada wajah sang ibu yaitu seperti sedang kelelahan menggendong sang anak tetapi ia tidak mengeluh apapun demi sang anak, serta didukung oleh ekspresi sang anak yang mengukir ekspresi polos pada wajahnya.

Kelebihan dan Kekurangan
  • Kelebihan lukisan :
    Lukisan yang berjudul "Ibu dan Anak" mengandung makna kemanusiaan yang sangat tinggi. Digambarkan seorang ibuyang sedang menggendong anaknya yang secara simbolik  melambangkan kasih sayang dan perjuangan seorang ibu terhadap anaknya. Unsur yang terdapat pada lukisan tersebut antara lain ialah garis, tekstur, dan cahaya yang memperkuat lukisan tersebut terlihat seperti nyata dan dapat memicu emosional penikmatnya. Lukisan ini juga memiliki pencahayaan yang sangat mendukung ekspresi dari objek lukisan,
  • Kekurangan lukisan :
    Background yang digambarkan oleh Basuki Abdullah pada lukisan tersebut ialah terlalu polos dan kurang menarik serta perpaduan warna yang diberikan sang pelukis terlalu dominan kepada warna gelap. 

     


 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surprise at My 17

Kamar Misterius di Rumah Berhantu