Teks Tanggapan : Masalah Psikologis

 

Blogger, Masalah, Hidup
https://gradienmediatama.com/buku/paradigma/


Judul Buku             : Paradigma

Pengarang               : Syahid Muhammad

Tebal Buku             : 316 Halaman

Penerbit                 : Gradien Mediatama

Tahun Terbit          : 2018

 

Pendahuluan :

          PARADIGMA adalah buku ke-4 sekaligus novel tunggal kedua setelah sebelumya menerbitkan novel sekuel kolaborasi KALA dan AMOR FATI, lau novel tunggal EGOSENTRIS.

Sinopsis       :

          Novel ini bercerita tentang kisah hidup tokoh utama Bernama Rana, lelaki misterius yang memiliki hobi pada kesenian. Rana merupakan pribadi yang terkesan egois karena selalu membenarkan jalan pikirannya sendiri.

          Pertemuan Rana dengan Anya adalah pertemuan yang sinkron antara dua manusia, keduanya memiliki kecocokan. Anya yang menyukai sastra seperti puisi dan Rana memiliki keahlian di bidang seni, menjadikan kombinasi yang sinkron antara tulisan dan lukisan.

Hubungan Rana dengan Anya menimbulkan konflik dengan pacar Rana bernama Ola. Kemarahan Ola seakan bukan hal yang begitu berarti untuk Rana, akan tetap justru Anya selalu mengingatkan Rana perihal masalah dengan pacarnya itu.

Kenyamanan dirasakan oleh Rana dan Anya saat mereka suka bertemu. Rana sangat jarang terbuka pada orang lain dalam hidupnya, dalam hidupnya Rana dan Anya menjadi saling mengikat, Rana mejadikan Anya sebagai teman bicara yang menurutnya paling bisa mengerti bagaimana dia harus diperlakukan. Konflik puncak adalah hubungan masa kecil dan ikatan Rana dan Ikrar. Tokoh lain yang disorot adalah Felma yang merupakan pacar dari Ikrar. Dari hubungan masa lalu inilah yang mempengaruhu sikap dan perilaku Rana yang terksesan egois dan hanya percaya pada jalan pikirannya sendiri.

 

 

Kelebihan Novel     :

          Untuk yang pertama kali mengenal karya Syahid Muhammad, konflik dan alur cerita tidak mudah untuk ditebak. Ini menjadi kenikmatan tersendiri bagi pembaca, membuat titik ternikmat didapat Ketika konflik akhir diketahui. Dari segi penokohan, tokoh-tokoh di novel ini dibuat seperti enggan satu sama dengan yang lain, hal ini merupakan bagian-bagian yang sering diingat oleh pembaca.

Kekurangan Novel  :

          Bagi pembaca yang ingin hal-hal romansa, dalam novel ini sangat minim hal romansa karena lebih banyak dihadirkan berbagai pandangan tentang kehidupan, masalah, terkait psikologis.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surprise at My 17

Kamar Misterius di Rumah Berhantu