Teks Tanggapan: Penguntit Yang Beruntung

Judul Novel            : True Stalker

Penulis                 : Sirhayani

Jumlah Halaman: 507 halaman

Penerbit              : Media Kita

Tahun Terbit     : 2017





    KONTEKS PENGARANG 

               Novel True Stalker merupakan buku pertama yang diciptakan oleh Sirhayani. Novel ini pertama di terbitkan di aplikasi Wattpad. Novel ini punya banyak respon positif dari para pembaca. Novel ini akhirnya di bukukan pada tahun 2017, Novel ini sudah di baca lebih dari 13 juta kali. Bagi anak remaja buku ini cocok untuk di baca.

                                                

 SINOPSIS NOVEL 

              

          True Stalker ini menceritakan tentang kisah kehidupan seorang Adiba atau biasa dipanggil Diba. Diba merupakan siswi SMA kelas sepuluh. Diba yang hobinya kepo alias stalking membuatnya berurusan dengan kakak kelasnya, sang Ketua OSIS, Agam.

 

                                                                    ALUR NOVEL

             Adiba Ayudia perempuan kelas sepuluh SMA ini memang gak terlalu cantik tapi keahlian dalam kepo apalagi stalker sungguh luar biasa, terlebih stalker cowo ganteng, hehe. Adiba ini awalnya buka siapa siapa hanya gadis biasa saja yang hanya bisa  suka sama cowo dengan cara mengagumi dalam diam. Maksudnya mengagumi seseorang yang dia suka hanya diam diam saja. Karena bagi dia suka sama cowo itu cukup dengan memuaskan rasa penasaran. Di SMA tempat dia bersekolah ada cowo ganteng namanya Agam Rafif Pratama, awalnya diba salting atau salah tingkah dengan tatapan Agam ketika Agam diparkiran sekolah dan diba melihatnya dari atas. Ternyata oh ternyata cowo yang bernama Agam ini memang banyak digandrungi cewe cewe di sekolah dan Agam ini cowo paling ganteng di sekolah alias cogan. Adiba merasa salting karna tak hanya dia saja yang menatapnya, banyak cewe cewe yang juga menatap Agam bersamaan.

            Rasa penasaran Diba kepada Agam semakin meningkat levelnya hehe, agam cowo ter-ganteg se SMA itu adalah seorang ketua OSIS, salah satu cara dia untuk tahu tentang agam adalah datang ke ruang OSIS. Diba mencoba memberanikan diri masuk ke ruang osis diam diam dan ternyata terlihat kepulan asap dan warna merah menyala. Diba mendapati Agam si ketua osis sedang merokok. Diba adalah cewe paling tidak suka dengan cowo perokok. Seketika Agam bertanya siapa nama lo? Dan kenapa lo masuk ke ruang OSIS tanpa seijin anggota OSIS? Diba hanya bisa bergetar dan akhirnya dia lari menuju kelas.

            Bel tanda istirahat berbunyi teeeeet. Teman sebangku Adiba yang bernama Lia memberitahu diba bahwa, Adiba dicari agam sang ketua osis. Sontak adiba gemetar ketakutan atas perbuatannya tadi yang masuk ruang OSIS diam diam dan mendapati Agam merokok. Agam mengatakan di depan kelas bahwa gw tunggu lo di gerbang dan jangan bawa temen hal tersebut membuat cewe cewe di sekolah itu semakin penasaran. Ketika pulang sekolah Adiba bergegas menuju gerbang dengan rasa yang tidak enak dan Agam telah menunggu Adiba dengan motornya.  Ketika berjalan menghampiri Agam ada cewe yang melintas didekatnya  yang tentunya juga penggemar Agam, dengan percaya diri Diba mempercepat langkahnya mendekati motor Agam. Agam pun bertanya Ngapain lo berdiri disitu?kemudian diba menjawab katanya tadi suruh ketemu lo di gerbang. Akhirnya Agam menyuruh Diba naik ke motor dan mengantar dia pulang. saat di perjalanan Agam tiba-tiba mengatakan“Lo udah tau kelakuan gue di sekolah, satu cara supaya gue tahu kalo lo beneran tutup mulut. Mulai hari ini lo jadi cewe gue!. Ketika di rumah Diba hanya menunjuk dirinya dengan telunjuk tangannya dan memikirkan perkataan Agam bahwa ia jadi pacarnya Agam, bagaimana dengan kehebohan anak anak di sekolah yang mayoritas cewe cewe suka sama Agam. Diba memang seseorang yang tidak suka dengan famous, lebih suka yang biasa biasa saja.

Diba akhirnya tidak kuasa menahan perasaannya dan menceritakan kepada Lia teman sebangku Diba, bahwa kini Diba jdi pacar Agam sang Ketua OSIS secara Resmi. Lia ingin mengetes keseriusan Diba dengan Diba mencoba menyukai Ghali. Ghali adalah sepupu Lia. Ghali terkenal dengan preman sekolah yang hobi berantem. Suatu ketika dia mengambil kertas di ruang guru dan mendapati Ghali sedang dimaharhi oleh guru akibat perbuatannya yang suka berantam. Ketika hendak menuju kelas Diba mendengar suara pukulan keras di dalam kelas dan diba masuk ke kelas itu, Diba mendapati Ghali sedang memukuli siswa hingga berdarah. Seketika Diba pingsan dan dibawa ke UKS. Teeeeet bunyi bel pulang sekolah berbunyi dan Diba tersadar dari pingsannya. Lia mengatakan tadi Ghali bilang kalau lo di UKS, jadi gw kesini. Dan Diba berpikiran bahwa dirinya di gendong Ghali lalu di bawa ke UKS, Diba mulai malas memikirkan itu. Di depan Agam, Ghali berbicara boleh juga nih cewek lumayan cantik juga, padahal Ghali baru tau kalua Diba adalah pacar Agam.


                                                           KELEBIHAN NOVEL

Buku ini merupakan novel remaja yang menarik, dari judulnya saja sudah membuat penasaran dan menarik perhatian sehingga banyak yang tertarik untuk membacanya. Novel ini mempunyai alur yang menarik dan sangat mudah untuk dipahami sehingga pembaca menikmati alurnya. Novel ini juga dibumbui oleh cerita – cerita lucu yang membuat pembaca tidak akan merasa bosan untuk menuntaskannya.


                                                          KEKURANGAN NOVEL 

Kelemahan novel ini terdapat dalam pemilihan kata – kata di dalam novel. Kata – kata yang digunakan merupakan ragam bahasa remaja yang tidak baku, seperti gue, elo, dan lain – lain. Ragam bahsa tersebut tidak bisa dipahami oleh orang yang tidak familiar dengan bahasa tersebut seperti pada orang tua dan orang dewasa yang tidak pernah mendengar atau menggunakan bahasa tersebut. Di dalam novel ini terdapat suatu percakapan dalam bentuk grup chat yang isinya menurut saya tidak jelas dan tidak penting.

 

                                                                 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surprise at My 17

Kamar Misterius di Rumah Berhantu

Dari Haksa: Untuk Nibiru.