Teks Tanggapan : Perjalanan Kedua Kekasih Dalam Menghadapi Lika-Liku Percintaan



1. Judul: Alster lake
2. Penulis: Auryn Vientania
3. Penerbit: PT. Bukune Kreatif Cipta
4. Tahun Terbit: Cetakan kesepuluh, Februari 2023
5. ISBN: 978-602-220-425-1
6. Ilustrasi: 
Cover Depan:  
- Pada bagian depan, terdapat judul dengan font menarik yang sesuai dengan gambar.
- Terdapat gambar ilustrasi / lukisan seperti sekolah, atau mungkin kampus tempat para tokoh kuliah.
- Terdapat juga nama penulis dengan font menarik.
- Secara keseluruhan, tampak depan bukunya simple, tetapi memberikan kesan elegant.  
 
Cover Belakang;
- Pada bagian belakang, terdapat gambar seperti screenshot chat kedua tokoh utama. Dijelaskan bahwa itu adalah awal dari pertemuan mereka.
- Disini juga terdapat sedikit penjelasan / sinopsis buku, alamat penerbit, serta harga buku.
- Pada bagian belakang juga terlihat simple, tetapi menunjukkan bahwa novel ini adaptasi dari AU twitter.
7. Jumlah Halaman: 254 Halaman
8. Ukuran Buku: 13 . 19 cm


Pendahuluan

Auryn Vientania, penulis buku "Alster lake" yang merupakan karya pertamanya. Buku yang berkisahkan tentang perjalanan cinta ini mengandung tema perihal perjalanan kedua kekasih, nilai sosial, nilai kehidupan, serta pembelajaran mengenai komunikasi, juga tindakan.


Kelebihan

1. Sampul yang menarik. 

Novel "Alster Lake" ini memiliki sampul yang cukup menarik. Buku ini terlihat sederhana, tetapi memberikan kesan elegant. Ilustrasi yang terlihat seperti bangunan kuno, membuat yang melihatnya merasa seperti di luar negeri.
 

2. Penggunaan bahasa yang mudah dimengerti. 

Novel ini menggunakan bahasa sehari-hari sehingga para pembaca dengan mudah bisa mengerti apa maksudnya. Caranya menggunakan bahasa lain / bahasa luar juga tidak membuat pembaca bingung.


3. Pembangunan karakter yang jelas.

Pembangunan bahasa deskriptif yang baik, karakter tidak dijelaskan, tetapi dibangun dengan sikap / kelakuan karakter tersebut. Hal ini membuat para pembaca menjadi lebih aktif dalam berfkir dan membayangkan sesuatu, sehingga mudah dimengerti.


4. Realistis.

Kisah / alur yang realistis. Novel ini menggunakan kisah / cerita yang bisa dibilang sesuai realita / kenyataan. Contohnya konflik komunikasi yang dialami oleh tokoh utama.


5. Penggunaan bahasa lain menambah wawasan.

Pada novel ini terdapat beberapa kosakata bahasa Jerman yang mungkin tidak semua orang tahu. Hal ini termasuk keunggulan yang dimiliki oleh novel "Alster Lake", karna sangat jarang terdapat bahasa tersebut pada novel-novel lainnya.


6. Penyampain cerita yang menarik dan mudah dimengerti.

Novel ini merupakan karya pertama yang mengagumkan. "Karya pertama tetapi sudah sebagus itu". Alurnya dan ceritanya menyampaikan serta mendeskripsikan sesuatu seperti; tempat, suasana, keadaan, para tokoh, dll bisa membuat para pembaca seolah-olah merasakan apa yang terjadi. Para pembaca dibuat seperti jalan-jalan di dalam novel.

Penyampaian serta deskripsi yang detail menjadikan imajinasi pembaca menjadi meningkat. Perjalana kedua kekasih yang melibatkan unsur germany didalamnya juga membuat alur novelini menjadi sangat menarik.


Kekurangan

1. Alur yang lambat.

Penempatan konflik yang kurang cepat membuat alur kisah ini menjadi bosan. Alur yang lumayan tenang, kurangnya konflik, menjadikan kisahnya tidak menegangkan, seperti kalimat "gitu-gitu aja". Seharusnya, penulis menambahkan sebuah konflik pada bagian tengah cerita sehingga ceritanya lebih menarik.


2. Dialog yang bersifat repetitif.

Kisah romantis pada novel ini kurang sreg, atau bisa dibilang kurang mengenakkan dihati. Dialognya yang bersifat repetitif membuat terlihat seperti kaku. Sehingga kurangnya romantis menjadikan para pembaca beranggapan bahwadialognya hambar.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surprise at My 17

Kamar Misterius di Rumah Berhantu

Dari Haksa: Untuk Nibiru.