Teks Tanggapan : Sebuah Kisah Manis Ice Cream Strawberry

 

Novel Strawberry Ice Cream And You karya Anisa Maryanti

Judul             : Strawberry Ice Cream And You

Penulis          : Anisa Maryanti 

Penerbit        : PT Gramedia Pustaka Utama

Kota Terbit   : Jakarta

Cetakan 1     : 2016 


Pendahuluan

        Novel teenlit ini berjudul Strawberry Ice Cream And You ditulis oleh Anisa Maryanti, dari hasil pencarian Novel ini diterbitkan oleh penerbit utama, Tentunya novel ini mempunyai kualitas yang bagus. Tema novel ini adalah kisah anak remaja. Perjalanan sang tokoh utama yang melewati banyak rintangan dalam kehidupan sehari-hari.


Sinopsis

        Novel ini dimulai dari bertemunya tokoh utama yaitu Yoza dan Nara di dalam bus yang dimana Nara menyuruh Yoza untuk duduk di bangkunya, namun pada saat Yoza ingin mengucapkan terimakasih kepadanya ia langsung pergi begitu saja. Tetapi pada saat melihat nama sekolah yang sama dengannya yang tertera pada lengan seragam Nara yang hanya berbeda satu tingkat di atas Yoza.

        Pada bab-bab berikutnya mulai dikenalkannya tokoh utama yaitu Nara, Kehidupan Nara yang penuh dengan rintangan, Nara sangat membenci Ayahnya sendiri sebab lelaki itu menikahi ibunya tanpa cinta. Pada saat Nara masih kecil ia selalu melihat kedua orangtuanya bertengkar. Ibunya yang selalu berusaha menutupi pertengkarannya itu dari Nara dan Kakaknya, Alvin. Karena tidak ingin melihat Nara sedih, Ibunya selalu memberikan ice cream strawberry kepada Nara karena bagi Nara ice cream adalah obat bagi segala kejadian buruk yang menimpanya. Bahkan ketika Ibu dan Kakaknya meninggal sebab ayahnya. Sejak kejadian itu Nara membenci Ayahnya.

        Hari-hari berikutnya Nara sangat kesepian karena tidak ada lagi yang peduli kepadanya , disisi lain ada Yoza yang selalu memperhatikannya ia sangat penasaran pada kehidupan Nara. Namun Nara membenci Yoza karena Ibu Yoza adalah selingkuhan Ayahnya, tetappi Yoza tidak pantang menyerah. Ia selalu memberikan ice cream kepada Nara. Yang membuat Nara kini memaafkan Yoza adalah sifat dan mata indah Yoza yang miripn dengan Ibunya. 

        Setelah Nara berdamai dengan masa lalunya ia kini lebih fokus dalam mengejar cita-citanya dan meluangkan waktu untuk orang yang ia sayangi. Nara juga kini telah berdamai dengan Ayahnya begitupula Yoza. Pada akhir cerita Nara pergi meninggalkan Yoza untuk mengejar cita-citanya.


Penilaian

        Buku ini benar-benar memiliki cerita yang sangat menarik bahkan sesuai dengan judulnya ice cream adalah obat bagi segala kesedihan. Novel ini memiliki susunan kalimat dan plot cerita yang ringan sehingga mudah dipahami. Para pembaca menjadi lebih mudah dalam mengembangkan imajinasi yang dimiliki. Cerita yang diangkat dalam novel ini tidak hanya tentang kisah cinta, tetapi juga ada unsur pendidikan. Unsur ini memberikan informasi kepada pembaca agar bisa selalu semangat dalam menjalani hidup dan tidak mudah menyerah dalami menggapai cita-cita

        Penulis menuliskan novel ini dengan gaya bahasa yang dinilai indah dan mudah dimengerti. Meskipun dalam bentuk wattpad, tetapi penulis dinilai mampu mengubahnya menjadi sebuah novel yang sangat cantik dan menarik. Gambar sampul ini penuh dengan warna dengan ilustrasi ice cream di depannya yang tersusun rapih dan penempatan tulisan yang tepat.

Kekurangan novel ini mempunyai cerita yang ringan sehingga membuat buku ini sangat tipis.         

        Ceritanya sangat menarik namun sayang ceritanya sangat tanggung. Buku ini beralur maju mundur dengan tidak menyisakan bagian kosong kecuali pada akhir cerita. Penokohannya masih kurang sesuai dengan namanya. 

        Konflik yang dibawa sepurar masalah keluarga Nara yang selalu bersama ibunya dari kecil, lebih mudah dipahami dengan semua tangisannya itu jika melihat dari kedekatannya dengan ibunya dan kurangnya peran ayah di masa kecilnya bisa dimaklumi. lalu ada satu hal yang membuat bingung ketika Yoza pingsan untungnya bagian itu tidak dilanjutkan dengan keadaan klise bahwa tokoh utama diam diam memiliki penyakit. Jika beberapa narasi yang dibawakan dengan telling diubah menjadi showing serta penyelesaian konflik ayah Nara lebih dituntaskan halamannya akan jadi lebih banyak dan cerita jadi lebih seru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surprise at My 17

Kamar Misterius di Rumah Berhantu