Tesk tanggapan : Persahabatan Teman


andrea hirata
                                                              Sampul dari Sang pemimpi
                                                                

Identitas buku:Judul buku : Sang pemimpi

                       :Penulis : Andrea hirata 

                       :Penerbit : PT Bentang pustaka 

                       :Kota terbit : Yogyakarta 

                       :Cetakan : 2011

Konteks: Andrea hirata adalah pemenang pertama penghargaan sastra New york Book Festival 200013.                untuk Raibow Troops,Laskar pelangi edisi Amerika,penerbit Farrar,Straus                                               danGiroux,Newyork,kategori general fiction,dan pemenang pertama Bocha wards                                   2013,Jerman,untuk die Regen bogen Truppe.Laskar pelangi edisi German.penerbit Hanser.                   Berlin.

Sinopsis: Novel ini dimulai dengan berpusat pada kehidupan tiga remaja SMA yang bernama                                Ikal,Arai,dan Jimbron.ketiga,remaja ini tinggal di belitung dan bersekolah di SMA Negeri                        Pertama Manggar.

Deskripsi: Novel Sang pemimpi ini merupakan novel kedua dari tentra logi novel Laskar pelangi.Novel                  ini pernah diadaptasi menjadi Sebuah film.Ada tiga tokoh utama di dalam film ini,mereka                     adalah Ikal,Arai,danJimbron.Ikal mewakili Andrea Hirata Sebagai penilis.Arai adalah Yatim                  piatu yang menjadi saudara jauhnya Sejak kecil.


Kelebihan dan kekurangan:

Kelebihan: -Best seller : Laskar pelangi/Sang pemimpi telah menjadi International best                                                                    seller,diterjemahkan ke dalam 40 bahasa Asing Telah terbit dalam 22                                                        bahasa,diedarkan di lebih dari 130 Negara melalui program siswa.

                   -Tema : Tema yang sudah lama/sudah banyak digunakan Tema tentang Sang pemimpi dan                                     akhirnya sukses banyak digunakan

                   -Plot yang tidak terduga : ada plot-plot yang mengejutkan yang membuat kita ingin terus                                                                 membaca


Kekurangan : - Kesalahan ketik/typo : Tredapat beberapa kata yang salah pengetikannya.Hal ini tentu dapat dimaafkan karena banyak kelebihannya


(i) Catatan penyuntingan : -20013=2013

                                           -beliyung=Belitung

(ii) Gagasan ide tambahan :Mnenaggapi novel Sang Pemimpi; perjuangan dan kegigihan untuk meraih                                             mimpi

(iii) Aspek kebahasaan : 1. Bahasa deskriptif : -Novel kedua Sang pemimpi telah diterjemahkan ke                                                                                   dalam 40 bahasa asing telah terbit dalam 22                                                                                               bahasa,diadakan di lebih dari 130 negara.

                                        -. Dia mengajar sebagai relawan,Di Belitung dia membuka sekolah gratis dan                                             museum sastra pertama di Indonesia.


                                       2. Bahasa Pujian :- Novel ini banyak digunakan karena mudh dibaca dan sangat                                                                       terharu/baik dan benar

                                       3. Bahasa Saran : Novel ini mengandung sangat banyak hal hal yang                                                                                    seharusnya ditiru oleh anak anak zaman sekarang.

                                       4. Bahasa kritik : Terdapat bagian bagian yang membesarkan atau tidak fakta                                                                       seperti penggunaan bahasa.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surprise at My 17

Kamar Misterius di Rumah Berhantu

Dari Haksa: Untuk Nibiru.