Tesk Tanggapan: Petualangan di Akademi Bayangan

Judul : Nebula
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Diterbitkan pertama kali oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama anggota IKAPI, Jakarta, 2020
Tebal: 376 halaman

Tere Liye
Sekolah Akademi Bayangan

 
Novel Nebula ini dikembangkan oleh Darwis yang dikenal sebagai Tere Liye. Tere Liye adalah penulis dan akuntan berkebangsaan Indonesia. Dia memulai debut kepenulisan pada tahun 2005 melalui novel Hafalan Sholat Delisa, ia telah menerbitkan lebih dari 50 buku dalam sepanjang karir menulisnya 

Nebula adalah series buku ke-9 kelanjutan dari novel Selena yang merupakan series ke-8. Novel Nebula terbit tidak lama setelah Novel Selena diterbitkan, tepatnya pada tahun 2020 oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Maka alangkah baiknya sebelum membaca Novel Nebula bacalah Novel Selena terlebih dahulu. Hal itu dianjurkan agar pembaca yang mengikuti series ke-1 Bumi karya Tere Liye, tidak kebinggungan dan paham akan alur yang ada pada kedua novel ini.

Karya Tere Liye ini menggambarkan tiga orang sahabat yang bernama Selena,Mata dan Tazk yang bersekolah di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, sekolah terbaik di seluruh Klan Bulan. Jika buku tahun pertama maka, buku ini menceritakan tentang perjalanan di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi 

Petualangan pada buku ini dimulai ketika kembalinya Selana,Mata,dan Tazk dari liburan semester. Ketika itu Mata,Selena menginap di kota Tishri dan Tazk menejenguk kakek nya yang sedang sakit. Saat mereka hendak kembali memulai semester baru. Mereka berdua bertemu Tazk di station Kota Tishri mereka terlambat dan memutuskan mencuri  salah satu gerbong kereta.Di Akademi para guru sedang acara penyambutan siswa baru. Tiba-tiba mereka bertiga kembali menghebohkan aula, dengan kejadian tersebut Master OX marah.

Berbagai kejadian lucu juga mewarnai petualangan mereka bertiga. Terutama Selena karena tidak pernah patuh pada aturan di akademi, sehingga mendapatkan banyak teguran. Selama waktu yang terus berjalan Selena menyukai Tazk. Walaupun teman nya Boh mengatakan bahwa Tazk menyukai orang lain. 

Dalam masa-masa itu Selena diam-diam mencari tahu keberadaan cawan atas perintah Tamuz. Kemudian di bantu pleh Tazk berhasil menemukan cawan abadi di Klan Nebula. Akan tetapi ketika cawan abadi itu diambil, justru akan membangkitkan monster yang terkurung yang menyebabkan Klan Nebula dalam bahaya. Klan Nebula berubah secara drartis sejak monster yang terkurung itu akan bangkit lagi.


 Dalam buku ini  Tere Liye adalah selaku penulis menyajikan alur cerita yang di luar ekspetasi pembaca. Seperti pembaca dibuat bisa berhalusinasi seakan itu bisa terjadi. Cover buku juga tampak menarik.Tere Liye juga menyisipkan ilmu pengetahuan dan pesan moral. Selain itu hal menariknya lainya adalah terdapat beberapa bahasa atau istilah gaul yang relevan dengan kehidupan remaja di masa sekarang. 

Akan tetapi ada kekurangan di dalam buku ini, hanya penulisanya yang salah contoh pada halaman 30 kata "Bayangna'' yang seharusya Bayangan. Seharusnya penulis novel ini tolong perhatikan lebih baik lagi penulisan nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surprise at My 17

Kamar Misterius di Rumah Berhantu