Wabah Membuat KehidupanKu Menjadi Baru



    

     Akhir Desember 2019.


     Inilah kisah tentang munculnya sebuah wabah mematikan yang sangat banyak mengubah hidupku.

     Beberapa tahun lalu, lebih tepatnya pada tahun 2020 silam, seluruh negara di dunia diguncangkan oleh sebuah wabah penyakit bernama virus Corona. Berawal dari kota Wuhan, China, dan akhirnya menyebar ke seluruh pelosok bumi.

     Pada awal penyebaran virus Corona di dunia, saya masih merasa bahwa Corona itu tidak menyeramkan. Saya tidak terlalu khawatir akan virus Corona, dan pada awalnya saya sendiri tidak begitu tertarik untuk melihat bagaimana penyakit ini ditangani di negara lain.


     Senin 2 Maret 2020. 


    
    
                                                                                   

      Hingga akhirnya wabah ini tiba di Indonesia, presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa virus penyebab COVID 19 ini telah menjangkiti 2 warga Indonesia di kota Depok, Jawa Barat,  pada awal meski tampak lambat penyebarannya, tetapi hal ini menimbulkan kecemasan di seluruh Indonesia. Pengalaman yang diperoleh dari mengikuti berita, telah membuat kelangkaan masker dan hand sanitizer.


      Kondisi di Indonesia semakin parah, akibatnya seluruh sekolah di Indonesia pun diliburkan selama 2 minggu. Awalnya, saya sangat senang karena dapat libur dalam jangka waktu lumayan panjang. Saya bisa bangun lebih siang dan tidak perlu berangkat ke sekolah. Saya juga merasa bebas karena bisa belajar sesuai dengan jadwal dan kecepatan saya sendiri. Saya juga bisa mengatur waktu untuk bermain game atau menonton film.

     Namun, lama kelamaan saya mulai merasa bosan dan jenuh. Saya merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran tanpa ada penjelasan dari guru secara tatap muka. Saya merasa kesepian karena saya jarang berinteraksi dengan teman-teman secara nyata. Saya juga merasa stres karena saya harus menghadapi banyak tugas dan ujian online.

     Materi disampaikan oleh guru secara online melalui aplikasi seperti Google Meet dan Zoom. Belum lagi ada kendala-kendala yang merepotkan seperti jaringannya putus ataupun kuota habis. Beberapa tugas diunggah melalui Google Classroom dan Whatsapp. Terkadang ada tugas yang harus diposting di sosial media.

     Selain itu, banyaknya tugas yang diberikan oleh guru menyebabkan sebagian besar siswa merasakan keberatan, termasuk saya. Banyaknya aplikasi bimbingan belajar online sekarang gratis untuk kegiatan belajar siswa karena masih kurang memahami materi yang dijelaskan tetapi diminta untuk mengerjakan soal latihan.

      Keseharian saya di rumah ketika pandemi itu sangat tidak menyenangkan, seperti boomerang yang dilempar dan ujungnya akan kembali lagi. Hari yang sudah dilalui terulang lagi kembali.

     Semenjak kedatangan wabah, saya tidak bisa mengumpul bersama teman-teman dekat saya, tidak seperti dahulu, sepulang sekolah saya langsung bergegas bermain bersama. Saya rindu dengan hal tersebut.

     Lalu saya juga tidak bisa melanjutkan bakat olahraga saya, yaitu berenang. Karena waktu kala itu masih diberlakukan dilarang keluar rumah, dan saya pun terpaksa olahraga ringan di rumah saja.


      1 Januari 2021.


     Hingga akhirnya 1 tahun sudah berlalu, tidak terasa sekarang sudah tahun 2021, banyak hal yang sudah saya lalui. Tetapi pandemi belum musnah dan bertambahnya kematian di dunia.

     Pada saat itu saya berkenalan dengan orang yang berumur sama seperti saya, bernama Hengki, biasa dipanggil Eki. Saya kenal dengan Eki melalui aplikasi Discord, aplikasi yang trending waktu kala itu. Saya hanya iseng medownload aplikasi Discord karena banyak orang yang mendownload juga.

     Kami berdua berkenalan karena ada satu youtuber yang sangat terkenal dikalangan itu, bernama Windah Basudara. Youtuber tersebut membuat room di aplikasi Discord. Saya pun memasuki room yang dibuat oleh youtuber itu yang dishare melalui link. Ketika saya membuat link tersebut, saya membuat akun terlebih dahulu. Selesainya membuat akun, saya langsung memasuki room Windah Basudara. Saya kira hanya sedikit yang bergabung, ternyata banyak orang yang sudah bergabung di room tersebut. 

     Semasuknya di room itu, saya bertanya mengenai game yang sedang trending dan banyak dibahas, pada salah satu pengguna yang ada di room tersebut, yaitu Hengki, karena dia paling aktif di Discord, mungkin saya bisa bertanya kepadanya.

      Saya awalnya iseng-iseng mengirimkan pesan di komunitas room tersebut,

  "Bang ayo mabar nanti japri aja" ucap saya di room tersebut.

 Keesokan harinya ada orang yang merespon pesan saya di komunitas tersebut, nama penggunanya ternyata, Hengki_123. Dan saya beruntung karena Hengki adalah orang yang aktif di komunitas tersebut. 

    "Ayo bre mau main apa ?" Tanya hengki. 

    "Eh lu main game Among Us gak ?" Saya bertanya kepada Hengki, dan Hengki pun menjawab

    "Oh tentu dong, ya kali tidak main salah satu game yang sedang trending"

    "Nanti janjian sudah magrib aja biar tenang"  jawab saya, Lalu Hengki menjawab,

    "Oke bre ditunggu."

     Sesudah magrib pun saya bergegas mengirimkan pesan kepada Hengki.

    "Halo bro mau kapan main nya?" tanya saya dan Hengki pun menjawab

    "Ayo sekarang aja biar ga kemaleman, nanti gw yang buat room nya"

     Saya dan Hengki bermain game sampai tidak lihat waktu karena keasikkan bermain game nya. Jam 21.00 pun saya mengakhiri permainan karena sudah larut malam.

     Setelah kami selesai bermain game, kami sempat berbincang bincang sejenak. Ternyata kami berdua memiliki banyak kesamaan, seperti bermain game,  dan lainnya. Tak disangka pula, ternyata Hengki juga tinggal di sekitar Bandung. Tanpa pikir panjang saya langsung mengajak Hengki bertemu di salah satu tempat yang nyaman untuk nongkrong yang ada di daerah Bandung, dia pun menyetujuinya. Setelah berdiskusi cukup lama, akhirnya kami berdua setuju untuk bertemu di salah satu tempat tongkrongan pukul 15.00, hari Sabtu.

      Saat tiba waktunya, saya bersiap siap untuk pergi, tak lupa membawa cemilan untuk dimakan di sana. Saya juga memberi izin kepada orang tua saya bahwa saya akan pergi menemui teman baru dikenal. Saya menaiki motor dengan aplikasi Gojek. Tetapi saya tidak lupa dengan protokol kesehatan karena di waktu itu masih adanya virus Corona.

     Sesampainya di sana saya menunggu di salah satu meja paling ujung, tak berselang lama datang anak remaja yang cukup tinggi memakai baju ala kekinian dan mulai mendatangi saya. Saya kira itu hanya pelayan yang ada di cafe itu ternyata dia adalah Hengki yang saya kenali.

     Sebelum membincangkan hal yang lain saya dan Hengki awalnya canggung untuk mengobrol karena kami baru saja kenal, tetapi lama kelamaan saya dan Hengki terlihat sudah akrab satu sama lain. Dan saya bertanya kepada Hengki.

     "Eh Hengki btw lu kelas berapa ?" tanya saya.

     "Panggil gw Eki aja biar kelihat akrab"

     "Gw kelas 6 SD,, kalau lu?" jawab Hengki, dan Hengki pun bertanya balik kepada saya.

     "Eh kok sama kelas 6 hahaha...., gw kira lu anak SMP soalnya lihat dari postur tubuh lu yang udah bagus dan tinggi, ngomong ngomong tentang postur tubuh, gimana caranya postur tubuh yang bagus? soalnya saya udah lama tidak olahraga lagi akibat pandemi."

     "Lohh sama kelas 6, kok bisa sama ya ?hahaha...,ohh tentang postur tubuh yang bagus?mudah bro, lu workout aja di rumah tipis tipis aja dulu contohnya push up, sit up, back up kalo bisa sama pull up,yg rajin workout nya nanti bisa lihat perkembangannya" saran dari Hengki kepada saya.

     "Ohh begitu, oke dah nanti saya coba workout dirumah". jawab saya dari saran Hengki.

     "Sipp, btw mau bahas apa lagi"? tanya Hengki.

     "Kita bahas game yang kemarin aja, sama mabar, gass?.

     "Oke gass".

     Di tempat rongkrongan ini, kami berdua terlihat sangat seru mambahas game game yang kita mainkan,setelah itu kami bermain game Among us atau pun mobile legend. Saking serunya kita bermain sampai saya lupa waktu,ternyata sekarang sudah menunjukkan pukul 18:30,  hari sudah malam dan mau menjelang isya.

     Karena saya takut kena marah akhirnya saya pamit pulang pada Hengki karena sudah hari sudah malam, akhirnya kami berdua bersiap siap untuk pulang. Saya memesan ojek untuk pulang, sedangkan Hengki membawa motornya sendiri, sebelum kami pulang kami berdua sempat melakukan tos ala kami berdua yang baru saja kita buat, sungguh hari itu adalah hari yang sangat menyenangkan bisa berkenalan dengan teman baru. 

" Terkadang momen yang singkat adalah momen yang paling berharga "
     
     Setibanya di rumah, saya bergegas mengganti pakaian dan saya ingin menceritakan kepada orang tua bahwa saya tadi berkenalan dengan teman yang saya baru kenal. 

     "Gimana tadi seru ga kak?", tanya mamah kepada saya.

    "Seru banget mah!!!, bisa kenalan sama teman baru" ,jawab saya

    "Siapa nama temen nya kak?terus tadi ngapain aja disana?" dan mamah bertanya lagi kepada saya

     "Namanya Hengki, tadi aku sama Hengki mabar game, berkenalan satu sama lain, ternyata Hengki juga sebaya sama aku kelas 6 SD" 

     "Ohhh hahaha, bisa seumuran gitu ya ,Hengki sekolah nya dimana?" 

     "Oh iya, aku lupa tanya sekolah nya dimana, saking asik nya bermain game bareng sampai lupa bertanya sekolah Hengki, hehehe"

     "Ah kamu mah pelupa"

     
Sesudahnya bercerita kepada orang tua saya, saya mengirimkan pesan kepada Hengki karena saya lupa menanyakan Hengki sekolahnya dimana

    "Bro tadi gw lupa nanya ke elo, btw sekolahnya dimana?"tanya saya kepada Hengki

 Tak kunjung lama Hengki pun menjawab pesan yang saya kirimkan kepada Hengki

    "Eh maaf bro telat jawabnya, gw sekolahnya di SD Hikmah Teladan di Bandung" jawab Hengki

   "Waduhh jauh juga ya sama wilayah Cimahi, eh btw ada niatan mau ke SMP mana tuh"?, tanya lagi kepada Hengki

   "Sepertinya mau masuk SMP di Cimahi soalnya orang tua gw katanya mau pindah ke Cimahi ga lama lagi", jawab Hengki
 
Dan saya terkejut ketika Hengki mengakatakan demikian, saya antusias untuk sekolah bareng bersama Hengki.

    "Iya kah?kalo bisa kita satu sekolah bareng", saya menjawab dengan girang

    "Semoga saja"

Lagi asik mengobrol dengan Hengki melalui pesan, saya di kejutkan oleh satu pesan yang dikirimkan oleh guru SD yang isinya yaitu

"Oke anak - anak, PAS penilaian akhir semester dilaksanakan tidak akan lama lagi yaitu hari Senin minggu depan, siapkan dengan serius"

"Saya heran mengapa ujian ini secara mendadak",
saya hanya termenung ketika melihat pesan yang baru saja guru sampaikan
     
      Tetapi ujian kali ini dilaksanakan dengan online. Saya pun belajar mandiri dengan serius, demi mengejar materi yang tertinggal akibat libur panjang kemarin. 

      1 minggu pun telah berlalu, saya sudah mengerjakan ujian PAS ini dengan cukup serius, walaupun ujian ini dilaksanakan dengan online, ujian kali ini dikerjakan melalui Google Form yang guru berikan
kepada murid. Pembagian rapor pun tak lama lagi akan di bagikan kepada murid.

"Hufftt kok cepat sekali ya waktu, tidak terasa saya sudah meranjak dewasa" ucap saya dengan keheranan yang tinggi 

       Pembagian rapor pun tiba, pembagian rapor ini dibagikan oleh wali kelas yang diterima oleh orang tua murid di sekolah dan tidak luput menetapkan protokol yang pemerintah sudah di edarkan. Saya berhasil meraih nilai yang cukup memuaskan dan tidak mengecewakan orang tua saya, murid kelas 6 akan berfoto bersama dengan  kelas nya masing masing. Sesudahnya acara berfoto, saya berpamitan kepada guru guru saya yang sudah mengajarkan dengan baik, tak lupa saya berpamitan dengan teman teman saya yang sudah menemani 6 tahun lama nya.

      Dan itulah hari dimana saya terakhir melihat sekolah dasar yang penuh dengan jutaan kenangan yang disimpan disana. Lalu saya pulang menuju ke rumah, dan saya menoleh ke belakang
"saya tidak akan lupa dengan sekolah ini, saya rindu dengan hal tersebut", ucap saya dengan jatuhnya air mata ke tanah.

      Begitulah pengalaman saya belajar daring di rumah selama tamatnya  SD. Saya mendapat banyak pengalaman menyenangkan dari belajar secara daring di rumah dan saya juga mendapat banyak pengalaman baru selama belajar dirumah yang bermanfaat bagi diri saya sendiri, saya bisa berkenalan dengan teman baru yang saya kenali melalui aplikasi. Salah satu manfaat yang berguna bagi diri saya adalah saya menjadi pribadi yang lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugas yang sudah menjadi kewajiban saya. Oleh karena itu pengalaman belajar saya saat pandemi ini tidak sia-sia, tidak hanya sekedar belajar online dirumah. Namun saya banyak belajar tentang pengalaman-pengalaman baru yang mempunyai manfaat bagi perkembangan diri saya. Dari sinilah saya mulai mempunyai nilai-nilai yang melekat pada diri saya yaitu kedisiplinan, ketaatan, kecerdasan, bertanggung jawab dan kemandirian. 

      Di pasa pandemi ini kita harus pandai pandai memanfaatkan waktu luang saat belajar di rumah, agar kita banyak mendapatkan pengalaman baru yang menarik, bermanfaat dan pengalaman tersebut kita bisa berbagi atau mencontohkan kepada orang lain. Jadi waktu luang yang kita manfaatkan selama belajar di rumah tidak sia sia dan pasti akan menguntungkan bagi kita. 

    Sebagaimana telah kita ketahui saat ini Indonesia sedang dilanda oleh Covid 19 bahkan bukan hanya di Indonesia saja tetapi di seluruh dunia sedang di guncangkan wabah Covid 19. Kita sebagai warga negara Indonesia harus bisa melawan virus ini dengan cara protokol 3M memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kita harus melaksanakan pencegahan pencegahan yang sudah tertera demi terhindar dari penularan Covid-19. Selain melaksanakan pencegahan virus, kita harus selalu berdoa kepada Tuhan Yang maha Esa agar virus Covid-19 ini segera hilang dari dunia dan keadaannya cepat pulih sehingga kita bisa menjalankan kegiatan aktivitas seperti biasanya. 

" Tidak pernah ada saat di mana kita bisa melakukan sesuatu yang baik dengan menjauh dari satu sama lain."
-Fabio


---Bersambung...
      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surprise at My 17

Kamar Misterius di Rumah Berhantu

Dari Haksa: Untuk Nibiru.