Teks Tanggapan: Komik Pertarungan Melawan Kutukan Iblis

Komik Jujutsu Kaisen karya Gege Akutami 


Gojo, Yuuji, Megumi, Nobara
Jujutsu Kaisen by Gege Akutami


A. Identitas Karya

Judul: Jujutsu Kaisen Vol 1, Vol 2, Vol 3, Vol 4, Vol 5, Vol 6, Vol 7

Pengarang: Gege Akutami

Penerbit: SHUEISHA Inc., Tokyo (2018), (2019), PT. Elex Media Komputindo, Jakarta (2020), (2021)

Tebal halaman: 

Vol 1: 200 halaman 

Vol 2: 200 halaman

Vol 3: 200 halaman

Vol 4: 192 halaman

Vol 5: 200 halaman

Vol 6: 200 halaman

Vol 7: 200 halaman


B. Konteks Pengarang dan Karyanya

     Gege Akutami adalah seorang mangaka yang berasal dari Jepang. Sebenarnya Gege Akutami adalah nama pena. Sedangkan nama asli dan gender dari pengarang komik Jujutsu Kaisen ini tidak diketahui.

C. Deskripsi Pengarang dan Karyanya

     Karya Gege Akutami yang berjudul Jujutsu Kaisen dengan genre aksi ini, sudah sangat terkenal di kalangan pembaca manga dan penonton anime, karena Jujutsu Kaisen sudah dibuat dengan versi animasinya pada tanggal 2 Oktober 2020 lalu. Jujutsu Kaisen pertama kali diterbitkan pada tahun 2018 di Jepang. Komik Jujutsu Kaisen sudah rilis sampai 18 volume, dan kabarnya pada tanggal 21 Maret 2023 akan rilis volume ke-19. Sedangkan komik Jujutsu Kaisen yang sudah diterbitkan di Indonesia baru sampai volume 7 saja. 

Baca juga: Teks tanggapan mencari bulu domba emas

D. Deskripsi Karya 

     Jujutsu Kaisen ini menceritakan seorang remaja yang bernama Itadori Yuuji. Dia memiliki kekuatan khusus, dia dapat memakan jari Sukuna dan tubuhnya dapat menampung kutukan dari iblis terkuat yaitu Sukuna. 

     Yuuji diinterogasi oleh salah satu guru di sekolah SMA Jujutsu, yaitu Gojo Satoru. Karena tindakan dia yang memakan jari Sukuna tanpa berpikir panjang. Gojo memberi tahu bahwa jari Sukuna tidak dapat dibakar maupun diledakkan. Sebab jari Sukuna dapat musnah jika ada 'wadah' yang dapat menampungnya dan 'wadah' tersebut dibasmi. Ternyata Yuuji siap untuk menampung kutukan Sukuna itu. 

     Akhirnya Yuuji pindah sekolah ke SMA Jujutsu. Dia ingin belajar mengenai kutukan-kutukan lainnya dan cara untuk membasmi kutukan-kutukan yang menganggu manusia. Yuuji juga bertemu dengan orang-orang yang memiliki berbagai kutukan. Dia sekelas dengan Fushiguro Megumi dan Kugisaki Nobara. Dia juga memiliki kakak kelas yaitu Zenin Maki, Okkotsu Yuuta, Inumaki Toge, dan Panda. Awalnya Yuuji dan Megumi sulit untuk berkomunikasi karena sifat Megumi yang dingin dan cuek. Walaupun begitu seiring berjalannya waktu, keduanya dapat berteman dengan baik. Tetapi tetap saja ada perkelahian kecil antara keduanya.

E. Penilaian terhadap Karya

     Komik Jujutsu Kaisen ini selain temanya yang menarik, art syle efeknya juga sangat bagus dan detail. Di beberapa halaman juga diselipkan pertanyaan-pertanyaan dan beberapa keterangan mengenai karakter-karakternya. 

     Cerita komik Jujutsu Kaisen juga walaupun genre dari komik ini adalah aksi, Gege Akutami menyelipkan beberapa cerita komedi, dan nuansa seram yang membuat komik ini tidak terasa membosankan. Menurut sumber yang saya baca, web Gramedia. Karya Gege Akutami ini selalu masuk sebagai 10 Top Chart Weekly Oricon. Hanya kalah satu peringkat dari Demon Slayer. 

     Latar belakang dari masing-masing karakternya juga menarik. Ada beberapa karakter yang menarik, yaitu Zenin Maki yang memiliki kekuatan untuk memanipulasi senjata dan dia dapat melihat iblis apabila dia memakai kacamata saja. Selain Zenin Maki, ada juga Inumaki Toge. Dia siswa kelas 2 sama seperti Maki.Inumaki memiliki kutukan pada setiap ucapannya. Oleh maka itu dia selalu menggunakan nama makanan untuk berbicara. 

     Sayangnya dalam komik ini juga ada kekurangannya, yaitu konsep yang cukup kompleks untuk dipahami. Salah satunya mengenai teknik-teknik pertarungan yang dimiliki masing-masing karakter. Karena tekniknya banyak, selain cukup kompleks untuk dipahami itu juga sedikit sulit untuk diingat. Contohnya yaitu teknik kutukan seperti Nue, Orochi, Bansho, Gama, Gyokuken, Mukagen, Tosha Juho, Shoko Ieri dan banyak lagi.

     Jadi menurut saya jika Gege Akutami menggunakan penjelasan mengenai teknik-teknik pertarungan karakternya agar mudah diingat dan dipahami oleh pembaca. Tetapi dengan begitu, saya tetap menyarankan kalian untuk membaca komik ini. Karena cerita yang menarik dan intens, dengan aksi yang sangat memukau. Jika kalian tidak suka membaca, kalian dapat menonton versi animasinya yang sudah disediakan dibeberapa platform untuk menonton. 

Baca juga: Teks tanggapan rahasia penyakit dikta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Misterius di Rumah Berhantu

Jogja Pada Saat Itu

Dari Haksa: Untuk Nibiru.