Teks Tanggapan : Menariknya Karya Lukis Teman Dekatku

 



Pelukis : Fika Ardelianti

Judul : Persahabatan di Negeri Tanah yang Terangkat

Tahun Karya : 2022

Media : Cat Akrilik dan Kanvas 


      Saya menanggapi lukisan hasil karya Fika Ardelianti. Dia terinspirasi dari buku yang berjudul "Persahabatan di Negeri Tanah yang Terangkat". Buku ini dibuat karena ada kabar mengejutkan di Indonesia bagian tengah, dari Sulawesi Selatan. Bahwa ada gempa, tsunami, dan likuifaksi yang melanda Palu, Sigi, Donggala pada akhir September 2018. Semua orang terkejut, dengan betapa besar nya gempa yang terjadi, disusul tsunami yang menerjang, hingga ditutup oleh likuifaksi (Tanah Bergerak) yang menelan apa saja yang ada diatasnya. 

      Fenomena likuifaksi sendiri adalah pelulukan tanah atau suatu proses yang membuat tanah kehilangan kekuatannya dengan cepat, dikarenakan getaran yang diakibatkan oleh gempa bumi kuat pada kondisi tanah berbutir halus dan jenuh air. Kondisi rumah warga banyak sekali yang mengalami kerusakan hingga roboh. Pondasi rumah sudah hancur. Atap yang posisi nya diatas sekarang sudah rata dengan tanah. Bahkan tiang listrik disekitar jalan sudah tumbang. 

     Karena adanya gempa bumi yang umumnya menghasilkan gaya guncangan yang sangat kuat dan tekanan air pori tersebut seketika naik, hinga terkadang melebihi kekuatan gesek tanah tersebut. Proses itulah yang menyebabkan likuifaksi terbentuk dan material pasir penyusun tanah menjadi seakan melayang diantara air. Dampak bencana tercatat 2.256 orang meninggal dunia. Sebarannya di Kota Palu 1.703 korban, Donggala 171 korban, Sigi 366 korban, Parigi Moutog 15 korban, dan Pasangkayu 1 orang korban.

      Ciri khas lukisan ini adalah, mampu menggambarkan saat situasi terjadi. Meskispun goresan kuas di lukisan ini di gambar menggunakan cat akrilik, namun hasilnya terlihat sangat realistis. Terdapat gambar korban yang sedang membutuhkan pertolongan, lalu tim dari PLN (Perusahaan Penyedia Listrik Utama Negara) bahu-membahu mengulurkan tangan agar bisa menyelamatkan korban. 

      Menurut saya, lukisan ini memiliki perpaduan warna yang sangat rapih. Sehingga lukisan yang dibuat terlihat sangat realistis. Lukisan yang dibuat Fika, sangat menarik karena menuangkan unsur gradasi pada bagian langit. Ia membuat detail tanah yang sangat jelas. Tanah coklat berarti mengandung lumpur dan tanah yang berwarna hitam berarti keadaan tanahnya sudah retak. Dan sehingga penikmat lukisannya bisa membayangkan bahwa sedang terjadi bencana alam. 

     Tetapi lukisan ini pun memilki kekurangan, warna cat yang dituangkan masih kurang variasinya. Gambar manusiannya hanya diberi warna hitam sehingga kurang menarik perhatian. Detail gambarnya pun terlihat kurang rapih. Tetapi hal itu semua, tidak menjadi masalah, karena fika menghasilkan hasil karya lukisnya dengan ciri khas sendiri. Dan lukisan yang dibuat Fika bisa menaik dan menakjubkan. Sebaiknya lukisan ini diberi gambar tambahan lainnya, seperti tambahan gambar manusia. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surprise at My 17

Kamar Misterius di Rumah Berhantu

Dari Haksa: Untuk Nibiru.