Teks Tanggapan : Moving On



Judul : Moving On
Tahun Karya : 2015

       Moving On merupakan sebuah lagu yang dirilis pada tanggal 9 Februari 2015 oleh Kodaline. Moving On dirilis dalam sebuah bentuk album yang berjudul “Coming Up For Air”. Moving On menurut arti bahasa Indonesia berarti bergerak. Bergerak yang dimaksud itu adalah segera melupakan masa lalu dan berjalan menuju hal baik ke depan.

       Lagu dengan durasi 4 menit 25 detik ini menceritakan tentang seorang pria yang tiba-tiba secara tak sengaja bertemu mantan kekasihnya di suatu sudut jalan. Ia pun hanya bisa tersenyum menatap mantan kekasinya tersebut, sembari mengingat bagaimana manisnya hubungan mereka dahulu kala yang akhirnya kandas. Lirik (I heard you settled down and that you married happily / Kudengar kau tlah menetap dan menikah dengan bahagia) menerangkan dengan jelas, setelah hubungan mereka kadas, sepertinya pria tersebut berjalan dalam kesendirianya. Sementara mantan kekasihnya, rupanya sudah menikah dengan orang lain. 

       Dari papasan secara tak sengan di ujung jalan tersebut, si pria kemudian berharap suatu saat bisa menemu mantan kekasihnya, berbagi minuman, dan mengenang hari-hari saat mereka masih bersama dulu. 

       Perjalanan melepaskan seseorang itu memang tidak pernah ada yang mudah, terutama jika kita harus melupakan seseorang yang masih kita cintai dan momen itu pasti membuat kita sedih, karena hal yang bisa kita lakukan hanya menunggu. Menunggu sampai kita bisa menerima kenyataan kalau kita memang sudah tidak ditakdirkan untuk bersama dan waktu mereka dihidup kitapun telah selesai.

       Dalam perjalanan melupakan itu pun pasti akan ada hari-hari yang sulit dimana kalian menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada jawaban. Misalnya “kenapa kalian dulu dikasih kesempatan untuk saling mengenal kalau ujungnya seperti ini?”. Namun manusia bisa datang dan pergi kapan saja. Jadi kita boleh kok untuk sekedar masa lalu, karena kenyataannya kita telah berpisah dan telah saling melangkah dikehidupannya masing-masing.

       Menurut saya, lagu ini sangat menarik. Makna yang disampaikan oleh Kodaline secara tersirat namun sangat mendalam hingga menyentuh kepada para pendengar. Akan tetapi, terdapat lirik yang masih ambigu yaitu “Maybe we can get together” ini dapat diartikan si pria tersebut apakah masih mengingkan bersama sebagai seorang kekasih atau sekedar teman. Hal ini tergantung kita sebagai pendengar bagaimana menginterpresikan lirik lagu tersebut. Selain itu lagu ini juga multitafsir. Sebaiknya lirik tersebut diperjelas sehingga bisa dipahami dengan baik.

       Dilansir dari https://www.sinarlirik.com/2021/04/lirik-lagu-moving-on-kodaline.html. Si pria berusaha untuk tidak berlarut-larut dalam cinta lamanya itu. Dia berusaha untuk terus melangkah (move on) dari mantan kekasihnya itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surprise at My 17

Kamar Misterius di Rumah Berhantu

Dari Haksa: Untuk Nibiru.